Berdamailah dengan hatimu, bukan untuk siapa siapa tapi untukmu, agar engkau tetap sehat dan mampu melewati apapun dengan hati yang lapang, 
.
.
Jangan terus menerus menyimpan rasa-rasa yang negatif, jangan menyimpan dendam, menyimpan iri, menyimpan marah, menyimpan buruk sangka, jangan...engkau sendiri yang akan rugi, semua keburukan yang engkau simpan akan memakan dirimu sendiri, 
.
.

Siapapun yang hari ini menyinggungmu, menyakitimu, menzalimimu, berikan kepadanya hadiah terbaik berupa do'a agar Allah mudahkan urusannya, Allah berikan hidayah dan kelembutan dalam hatinya, kasihanilah dia sebab dia sedang tersesat, dan Allah sedang mengajarkan engkau bahwa perilaku itu tidak pantas untuk engkau lakukan.
.
.
Kembali bercermin pada diri, mengapa aku disakiti? Mungkin aku pernah menyakiti, mengapa aku dizalimi? Mungkin ada yang sedang aku zalimi dan aku lupa, mengapa aku disinggung? Mungkin lisanku sudah menyinggung hati yang lain, dan Allah posisikan aku menjadi seperti orang orang yang pernah aku lukai, agar aku belajar menjaga hati dan lisanku.
.
.
Hidup seperti ini damai, indah, menyenangkan, dan menentramkan, bukankah engkau ingin dipanggil dengan kalimat Ya Ayyatuhan nafsul Mutmainnah? Maka belajarlah dari hal-hal kecil agar tercipta Mutmainnah dalam jiwamu. 
.
.

#inaqdaima