Siapa yg ga punya masalah? Semua kita punya masalah. Tentu dg kadarnya masing masing. 

Dan adilnya Allah, masalah yg kita hadapi sesungguhnya sdh diukur sesuai dg kadar kemampuan kita. Ga kurang ga lebih. Asli. Pas. Coba deh perhatiin. 

Masalah sy blm tentu bs ditanggung sama tmn2 jamaah yg lain. Begitu juga sebaliknya. Masalah tmn2 jamaah yg lain, blm tentu sy sanggup dan bs ngadepinnya. 

See, inilah adilnya Allah SWT. Cuma kita yg sanggup menghadapi masalah kita sendiri. Bukan org lain. Jadi, *hadapi* saja. Kita pasti mampu. Kita pasti bisa. Dan Allah tau itu. Ijin Allah SWT. 

Lalu apa yg dirisaukan? Rasa takut. Betul? 

Takut kalo gini nanti bgm. Takut kalo gitu gmn. Takut kalo ga bs begini dan begitu bgm. Yg sesungguhnya dan seringnya belum tentu terjadi seperti apa yg kita pikirin dan rasain. Baru sekedar "jangan-jangan". Betul kan? 

Memang rasa inilah yg pertama kali Allah hadirkan ketika kita berada dlm masalah. 

Perhatikan kalimatnya dalam Qur'an. _Wa lanabluwannakum bisyain minal *khoufi...*_ Khouf itu rasa takut. Kuatir. Cemas. Was-was. Dilema. Dan galau. Terhadap apa? Terhadap sesuatu yg membahayakan, mencelakakan, merugikan, atau terhadap sesuatu yg mengganggu pikiran dan perasaan kita. Itulah Khauf. 

Terus gmn caranya mengatasi khauf ini? 

Perhatikan ujung kalimat ayatnya.. *_Wa basysyirish shoobirin._* _..sampaikan kabar gembira..._ Buat siapa? Buat org2 yg sabar. 

Apa maknanya? Ada harapan. Ada kabar gembira. Ada peluang. Ada kesempatan. Ada hikmah dibalik semua rasa takut yg dirasakan. Sabar. *Hayati.* Mesti ada pesan cinta-Nya yg ingin disampaikan Allah kpd kita. 

Nah sekarang, bgm caranya membaca pesan cinta-Nya yg Allah hadirkan melalui rasa takut yg kita rasakan? *Nikmati.* 

Maksudnya? Terima aja dulu. Krn sesungguhnya semua yg terjadi atas ijin Allah swt. Dr Allah swt. Termasuk semua rasa khauf ini. Terima aja dulu. Ketika kita bs menerima dan menikmati rasa ini, nt Allah akan hadirkan ketenangan, kenyamanan, dan kedamaian dlm hati. Otomatis. Bawaannya tenaaang aja. Adeeem aja. Kaleeem aja. 

Perhatikan rumus nya: 

_Kalo udah nerima, akan hadir ketenangan. Kalo udah tenang, akan hadir kepasrahan. Kalo udah pasrah, maka Allah akan hadirkan pertolongan-Nya._

So, sesungguhnya, Allah ingin kita tau. Ingin kita inget. Ingin kita ngerti dan ngerasa bahwa diri ini ga bisa apa apa. Ga mampu apa apa. Ga tau apa apa. Ga ngerti apa apa. Ga paham apa apa. Dan ga ada jg yg mesti disombongin. 

Pilihannya cuma dua, apakah dg masalah ini kita akan kembali kepada-Nya atau lari dr kasih sayang-Nya? 

Oke ya. Selamat jalanin Riyadhoh Quantum nya hari ini. Yg serius. Yg fokus. Yg beneran. Yg sungguh-sungguh. Agar Allah segera hadirkan pertolongan-Nya utk kita semua. InsyaAllah. 

Adem inside. Kalem outside. 

Met tahajjud. 
Met lebaran topat buat jamaah Lombok di manapun berada. Salam hangat buat keluarga tercinta. 🙏☺️

Salam, 
Happy Quantum.