CIRI-CIRI SOMBONG PALING SERING GAK DISADARI #PengingatDiri

Ketidakinginan kita menerima kesalahan kita adalah sebuah kesombongan. 

Kegengsian kita menyadari kekhilafan kita adalah kesombongan. 

Keengganan kita mengakui keteledoran kita adalah kesombongan

Kelantangan kita menuduh orang lain salah  adalah sebuah kesombongan, 

Bahkan, terlalu gampang mendekte dan menemukan kesalahan orang lain adalah kesombongan, 

Kalau orang lain bilang kita salah, ya akui aja dulu..sembari muhasabah, inget-inget salahnya di mana, jangan langsung balik menuduh, jangan langsung balik menilai buruk, "semua karena kamu sih, semua karena kamu lalu aku bersikap begini" atau saat dikritik, kita langsung bilang "coba dia yang begini pasti juga kayak saya" 

Jangan suka ngebalikin, ngebalikin fakta biar dianggap benar. Ga usah bela diri, biar dianggap udah berkorban banyak, ga usah.  Terima aja dulu, terus muhasabah, terus minta maaf kita yang salah mereka benar. 

Yeah ga adil dong kalau begitu, bukan ga adil..ada tipe tipe orang yang dikalahkan dengan cara demikian, dengan cara kita meletakkan diri kita serendah-rendahnya dulu, emang siapa kita sih..mengalah itu ga akan membuat kita kalah, siapa kita sih sampai kita ga mau untuk merendah sedikit aja nurunin ego biar semua tetap harmonis. 

Ada tipe tipe orang yang berhenti menyerang ketika kita sudah mengatakan, baik saya salah. Itu dia udah puas banget. Ya ga apa-apalah sesekali memuaskan orang untuk melatih diri kita juga, biar ga jumawa biar ga sombong. 

Belajar terus, belajar mengalah sampai ga ada yang bisa mengalahkan kita, pun ego kita. Juga nafsu kita. 

Minta terus pertolongan pada Allah, jangan sampai lepas kendali. 

Laa hawla wa laa quwwata Illa Billah

#inaqdaima

Sumber: WAG RBN_7