Buat jamaah yg baru gabung dan blm tau ttg riyadhoh, silakan dibaca pelan-pelan postingan berikut ini ya:

Setiap kita punya masalah, kesulitan, kesusahan, kesempitan, kesedihan, kegalauan, kekhawatiran, dan kegelisahan. 

Setiap kita juga punya keinginan, kebutuhan, impian, rencana, doa dan harapan. 

Tapi ga tau harus ngapain. Ga tau harus ke mana. Ga tau harus ke siapa. Bingung. Saking beratnya masalah. 

Padahal. Kalo mau jujur nih ya. Semua masalah hidup dan kehidupan yg kita hadapi skrg ini sebab dosa-dosa kita. Dosa ke Allah. Dosa ke sesama. Yg dirasa. Atau yg ga dirasa. Coba deh. Inget-inget. Betul kan?! 

Nah. Begitu kita tobat dan perbaiki lagi hubungan ke Allah dan ke sesama, ijin Allah SWT, satu persatu semua masalah mulai terurai dan teratasi. Satu persatu. One by one. Adaaa aja solusinya. Adaaa aja jalan keluarnya. 

Yg tadinya ga keliatan jalan keluarnya, gelap, tiba-tiba keliatan gitu aja. Terang benderang. Gampang aja. Enteng aja.

Jadi, ternyata yg selama ini menutupi mata dan hati kita dari solusi adalah dosa dan salah kita. 

Inilah Riyadhoh. Belajar tobat dan taat. Ngaku salah. Sadar kalo salah. Dan mau mulai benerin lagi ibadah kita ke Allah yg berantakan. Juga menjalin lg hubungan baik ke sesama. 

Alhamdulillah, buanyak dr tmn2 jamaah di antara kita yg selesai masalahnya dan sampe hajatnya setelah jalanin Riyadhohnya. Ijin Allah SWT. 

Kalo tmn-tmn yg lain bisa dapat, sy yakin, kita semua juga pasti dapat keberkahannya, keajaibannya, dan kemudahannya. Tinggal tunggu aja. Allah yg akan tentukan waktu terbaiknya dengan cara-Nya.

Oke ya. Met baca Al Mulknya. Jangan lupa nanti malem bangun lagi, tahajjud. Biar idup jadi mulia, naek derajatnya dan langsung dpt pertolongan dr Allah, tanpa perantara. InsyaAllah. 

Adem inside. Kalem outside. 

Salam, 
Happy Riyadhoh.