Bismillah 

Jauhin yang namanya nyakitin perasaan orang lain, ngecewain orang, nyinggung perasaan orang, ngerugiin orang, ngambil hak orang, jauh-jauhin. 

Jangan memberatkan diri sendiri, jangan bikinin diri sendiri beban berat kelak di Yaumul hisab. 

Jangan sampai ngeremehin yang namanya nyakitin, nyinggung perasaan orang. Juga nyudutin orang lain, jangan dibiasain. 

Kalau kita tahu, kita adalah hamba yang sulit mengontrol lisan ya jaga pergaulan kita, jaga becanda kita, usahakan yang keluar dari lisan kita adalah do'a. Do'ain siapapun yang kita temui. 

Kalau ada yang ngajak ghibah, segera pindah posisi hentikan pelan pelan dan jangan sampai juga orang yang ngajak kita ghibah tersinggung karena ga kita tanggapi, hati-hati. 

Jangan membicarakan perkara pasangan pada mereka yang belum berpasangan, dalam majlis yang ada jomblo jangan banyak membicarakan kebahagiaan pernihakan, kecuali atas permintaan mereka. Dengan niat untuk belajar. 

Jangan bicarakan pencapaian pada mereka yang sedang susah, kecuali mereka yang meminta dimotivasi untuk kembali bangkit. 

Jangan bicarakan apapun nikmat Allah kepada kita kepada mereka yang sedang merindukan nikmat itu, kecuali mereka yang bertanya dan memintanya.

Lisan kita akan membuat mereka menjadi gagal bersyukur. Lisan kita akan membuat mereka meratapi kealfaan dalam hidupnya. 

Banyak banyak minta maaf pada teman teman yang biasa dengannya kita bergaul, siapa tahu ada kata kata yang tidak kita sadari menyakiti mereka, banyak-banyak do'a agar lisan kita Allah jaga, lisan kita Allah bimbing supaya tidak mengeluarkan apapun kecuali kebaikan. 

Jangan memberatkan hisab diri dengan gampangnya kita berbicara, jangan...kalau takut tergelincir perbanyak mendoakan. Insyaallah 

#inaqdaima