REKAM JEJAK. 

Jangan lupain dosa masa lalu. Setidaknya itulah yg akan jadi bahan bakar kita buat baik sangka atas kondisi dan situasi yg menimpa kita saat ini. 

Semua kita punya masa lalu. Yg berbeda. Dan itu biasanya lebih suram dan kelam dibanding sekarang. Banyak dosanya. Banyak maksiat nya. Banyak zolim nya. Banyak nipu nya. Banyak ghibah nya. Banyak boong nya. Banyak iri dengki nya. Banyak dendamnya. Banyak sakit hatinya. Banyak kecewa nya. Banyak marah nya. Banyak ngambek nya. Banyak sombong nya. Dan masih banyak lagi keburukan lainn nya. Yaa Robb. Ampuuuun. 

Lah terus sekarang, dengan keburukan masa lalu yg berderet itu, tiba-tiba kita udah ngerasa paling taat, paling soleh, paling bae, paling bener, paling khusyu ibadahnya, paling banyak sedekahnya, paling banyak kebaikannya "maksa" Allah buat ngasih pertolongan-Nya ke kita dan itu harus segera.. Warbyazaaah.. Hebat betul kita ya. Hehe.. 

Plis. Calm down. Tenang. Sabar. Inget dosa masa lalu. Kalo Allah mau, mungkin kita udah habis kali dari dulu. Tapi kan Allah engga gitu. Ga dendaman kaya kita. Hehe. Allah mah sabar banget nunggu kita tobat. Nunggu kita taat. Nunggu kita balik lagi merapat. Ditungguin. Ditungguin. Ditungguin. Yaa Robb.. Bae banget ya Allah. 

So. Teman-teman yg dimuliakan Allah SWT. Kalo lah hari ini kita blm dapet apa yg jadi hajat kita, inget dosa masa lalu. Baik sangka. Bukannya Allah ga ngabulin. Allah itu lagi ngapusin satu persatu dosa dan salah kita di masa lalu. Sampe kapan? Berapa lama? Tergantung. Seberapa banyak dan berat dosa kita di masa lalu. Coba inget-inget. 

Makin banyak dan berat dosa masa lalu, ya wayahna dah. Sabarnya dibanyakin. Baik sangka nya digedein. Pelan-pelan. Tar juga sampe. Dan dapet apa yg jadi hajatnya. InsyaAllah. 

Oke ya. Perhatikan. Biasanya, bnyak sedikitnya dosa dan berat ringannya kesalahan masa lalu, menentukan kecepatan atas pengabulan dr segala hajat hidup dan kehidupan kita. dan masing-masing kita beda beda. Wallahu a'lam. 

Met Tahajjud. Met Saur. Adem inside. Kalem outside.

Salam, 
Happy Quantum.