Kalo lagi futur, satu, jangaaan ampe ninggalin banget amalan yg lg dikerjain. Pake aja jumlah yg paling minimal. Jangan ampe engga sama sekali. Bahaya. Bisa keterusan, akhirnya ninggalin pelan-pelan. 

Misal, kalo lagi rajin bisa ngerjain tahajjud 8 rokaat witir 3 rokaat. Nah pas lagi futur, jangan ampe ga sama sekali, bahaya. Minimal paksain diri kerjain tahajjud 2 rokaat sama witir nya 1 rokaat. Paksain. Bener-bener paksain. Jangan ampe ga dikerjain. Biar ga keterusan bolong. 

Dua, kalo lagi futur, banyakin syukur. Obat futur itu banyakin syukur. Sambil mikir dan ngerasa, ga malu sama nikmat dan karunia yg Allah udah kasih selama ini?

Bisa makan, bisa minum, bisa buang aer, bisa jalan, bisa gerak, bisa tidur, bisa bangun tidur, bisa nguap, bisa ngedip, bisa bersin, bisa buang angin, bisa nafas, jantung msh berdetak, darah msh mengalir, mata masih ngeliat, kuping msh ngedenger, mulut msh bisa ngomong, semua organ msh berfungsi normal. Wah.. banyak banget dah nikmat yg udah Allah kasih tanpa harus kita minta. Betul tidak?! 

Yg gini-gini kan jarang banget kita pikirin apalagi ampe kita syukurin. Tapi sekalinya dicabut, beuh.. Ampun dah. Na'udzubillaah. 

Emang juga, sesuatu itu baru berasa berharga kalo udah ga ada. Nah, ayo. Dijaga ya. Mumpung Allah msh kasih kesempatan kita hari ini dan hari-hari berikutnya. 

Allah promised to us, _If you grateful, I will give you more._

Semangat ya. 

Bismillaah walhamdulillaah. 

Salam, 
Happy Quantum.